Sabtu, 15 Juni 2013

Mengenal Alat Dan Cara Kerja Sablon Digital

Bisnis berjualan kaos distro dan layanan sablon digital saat ini tengah berkembang dengan pesat di Indonesia. Hal ini sejalan dengan trend di kalangan masyarakat mudayang ingin memiliki kaos dengan desain yang unik dan tampilan yang menarik. Semakin tingginya minat konsumen baju dan kaos distro ini diikuti oleh kemudahan mendapatkan alat produksi kaos yang berupa sablon digitalDengan sablon digital, disain kaos yang sudah dibuat bisa lebih fleksibel , karena tidak ada biaya set-up mahal yang harus bisa dicover untuk jumlah produksi tertentu seperti cara sablon traditional (perlu minimum order). Dengan cara digital, biaya produksi untuk membuat per kaos selalu sama, apakah cuman membuat satu atau banyak. Perbedaannya hanya di biaya disain saja (artwork).

Geliat bisnis kreatif sablon digital memiliki peluang usaha yang bagus pada saat ini dan di masa depan. Apalagi ditunjang dengan modal untuk memulainya yang relative terjangkau, tidak butuh listrik terlalu besar sehingga bisa dilakukan dari rumah. Dengan kemudahan prosesnya, jika anda bisa mencetak hasil disain anda dengan menggunakan printer melalui komputer, anda sudah bisa membuat kaos dengan sablon digital dengan sedikit tambahan mesin press kaos.
Pemilihan alat sablon digital mempengaruhi kelancaran bisnis menjual kaos distro yang Anda jalankan. Seringkali pelaku bisnis sablon digital mengalami kegagalan karena minimnya pengetahuan untuk mendapatkan mesin sablon digital yang berkualitas dengan harga terjangkau. Sangat disarankan untuk melakukan riset terlebih dulu terhadap paket sablon digital yang akan Anda pilih. Hal ini akan memakan waktu lebih lama namun dengan jaminan hasil yang lebih baik dibanding pembelian mesin sablon tanpa perencanaan.

Salah satu cara memproduksi kaos distro dengan sablon digital yang paling mudah/sederhana adalah dengan menggunakan tehnik yang disebut dengansublimation/sublimasi. Dengan teknik sublimasi, anda akan mampu menghasilkan baju dan kaos sablon digitaldengan kualitas bagus dan dalam beberapa menit saja.
Peralatan yang diperlukan:
  • Printer inkjet merk Epson (inkjet printer desktop merk lainnya seperti Canon, HP, Lexmarks, Brother, Xerox lain-lainnya tidak bisa digunakan karena menggunakan thermal printhead) yang dimodifikasi dengan tinta sublimation
  • Gunakan kertas sublimation transfer untuk hasil terbaik (anda bisa membandingkan hasilnya jika menggunakan kertas biasa atau inkjet paper)
  • Sebuah mesin hot press kaos listrik. Jika anda menggunakannya dirumah, pilihlah mesin press yang dayanya yang tidak melibih daya listrik di rumah anda.
  • Baju/kaos dengan bahan yang tidak murni cotton, tetapi mengandung polyster(semakin besar polysternya sebagai bagus), dan warna putih atau warna muda.
  • Pilihan paket sablon digital bisa dilihat di sini
Langkah-langkah:
  1. Cetak artwork/disain secara mirror (terbalik seperti tulisan AMBULANCE pada mobil ambulan) ke atas kertas transfer
  2. Posisikan cetakan kertas transfer dengan sisi tinta sublimation menyentuh pada sisi kaos dan letakkan pada mesin hot press kaos.
  3. Jepit kaos tsb dengan temperature dengan waktu yang sudah ditentukan(temperature dan waktu tergantung dengan ketebalan bahan kaos, tetapi kisaran waktu biasanya hanya beberapa menit saja)
  4. Lepas kertas tsb dari bahan kaos, dan gambar/tinta sublimation akan pindah/menyatu dengan kaos. Proses selesai.
Teknologi sablon digital sudah berkembang sehingga anda tidak dibatasi dengan hanya kaos berwarna dasar putih/muda dan bahan kaos/baju yang mengandung polyster saja, tetapi juga pada warna dasar hitam/gelap dan bahan dasar 100% katun juga.

Salah satu cara di bawah ini merupakan pilihan untuk sablon digital pada kaos warna hitam:
  1. Anda memerlukan bahan cetak khusus yang berwarna putih (transfer paper atau bahan seperti bludru yang namanya flock) untuk mencetak artwork anda secara normal sesuai dengan gambar asli (tidak perlu terbalik/mirror). Kemudian bahan artwork ini ditempelkan ke kaos dengan menggunakan mesin press kaos.
  2. Jika anda tidak memerlukan gambar design yang perlu diprint, tetapi berupa silhoute atau bentuk artistic yang dipotongkan pada bahan khusus yang disebutflex(warnanya bermacam-macan: metallic, gold, silver, rainbow, bunglon, dll), anda memerlukan mesincutting plotter (seperti printer, tetapi printheadnya jarum, bukan mengeluarkan tinta, tetapi memotong material sesuai perintah print/bentuk dari computer). Contoh kaos dengan Wonder Print & Cut.
  3. Anda juga bisa menggunakan printer DTG (direct to garment) dengan set tinta khusus untuk dasar hitam (ada tinta berwarna putihnya). Dengan cara ini proses menjadi lebih sederhana karena anda mencetak gambar design/artwork langsung ke kaos dengan printer DTG dan tinta khusus ini (tersedia set tinta untuk warna kaos putih atau hitam)

Salah satu cara di bawah ini merupakan pilihan untuk sablon digital pada kaos berbahan 100% katun:
  1. Bidang kaos yang akan ditempel dengan gambar tinta sublimation, disemprot dulu dengan bahan khusus spray.
  2. Menggunakan printer khusus garmen namanya printer DTG (Direct To Grament). Dengan mesin ini, kaos anda akan langsung diprint oleh printer dengan tinta khusus dari printer khusus ini.
Dari penjelasan singkat di atas dapat kita simpulkan bahwa peluang usaha sablon digital adalah trend terkini bisnis kreatif di bidang percetakan dan desain baju. Segmentasi sablon digital saat ini begitu luas dan hadir hampir di setiap kegiatan masyarakat yang berhubungan seragam sekolah, pakaian kerja, seragam dinas, dan beragam kebutuhan lain di bidang sandang (pakaian). Pastikan Anda tidak ketinggalan trend sablon digital dan berhasil menjadi yang terbaik di era bisnis kreatif! Berbagai paket digital printing bisa dilihat di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar